Windows 10 dan Pembaruannya

windows 10

Microsoft Windows 10 adalah penerus Windows 8 dan 8.1 dan pendahulu Windows 11 . Desktop tidak lagi memiliki antarmuka ubin yang diperkenalkan di Windows 8, tetapi juga menampilkan ubin setelah membuka menu mulai.

Cara Memilih Versi Windows 10 yang tepat.

Meskipun ada banyak edisi berbeda pada masa Windows Vista, lebih mudah dengan Windows 10. Ikhtisar berikut akan membantu Anda menemukan versi Windows yang tepat:

Windows 10 dalam versi home biasanya cukup untuk pengguna pemula dan pribadi .

Pengguna dan perusahaan profesional sering kali lebih baik dengan versi profesional . Menawarkan fungsi tambahan seperti enkripsi BitLocker, DirectAccess, akses desktop jarak jauh dan kebijakan grup.

Operator stasiun kerja atau server harus menggunakan versi Pro untuk stasiun kerja , yang dikembangkan secara khusus untuk lingkungan dengan aplikasi intensif sumber daya.

Sistem operasi membutuhkan lebih sedikit siklus CPU dan mampu memproses data dalam jumlah besar tanpa kehilangan kinerja yang nyata.

Untuk digunakan di lingkungan yang sangat sensitif terhadap keamanan di perusahaan dan organisasi , pabrikan merekomendasikan versi Enterprise , sistem operasi dengan fungsi keamanan yang sangat profesional.

Ini memberi admin opsi, misalnya, untuk mencegah dimulainya atau penginstalan perangkat lunak yang tidak diinginkan berkat “AppLocker”.

Pembangun sistem atau lisensi OEM menawarkan Windows 10 tanpa dukungan pengguna dari Microsoft. Selain itu, versi ini terikat pada satu komputer. Biasanya, lisensi OEM ditujukan untuk produsen PC yang kemudian dapat menjual sistem mereka termasuk versi OEM Windows.

Desktop Windows 10 dengan tombol mulai

Desktop Windows sekali lagi memiliki tombol mulai yang membuka menu mulai, yang telah dihapus di Windows 8. Ini menunjukkan program yang diinstal seperti Microsoft Office , prompt perintah, klien Microsoft OneDrive dan Microsoft Notepad.

Selain itu menu mulai menyediakan akses ke pengaturan dan panel kontrol untuk mengkonfigurasi Windows 10. Ubin yang diperkenalkan dengan Windows 8, yang menampilkan informasi terkini seperti berita dan cuaca, adalah bagian dari menu mulai.

Fitur ini dapat dinonaktifkan atau dihapus satu per satu, tetapi aplikasi terkait tidak dihapus.

Lewatlah sudah hari-hari ketika Windows hanya memiliki satu desktop. Seperti halnya Linux, Windows 10 mendukung desktop virtual, yang jumlahnya dapat ditambah atau dikurangi.

Mereka membantu menghindari kekacauan banyak jendela program, karena Anda dapat menggunakan desktop virtual terpisah untuk setiap tugas.

Klik pada ikon jendela tingkap di sebelah bidang pencarian atau kaca pembesar menunjukkan desktop yang tersedia – awalnya hanya ada satu.

Anda dapat menambahkan lebih banyak melalui “Desktop Baru” atau menghapus yang sudah ada melalui ikon tutup. Windows 10 menjalankan aplikasi Windows di desktop.

Ini tersedia di Windows Store dan, setelah memulai, tampilkan ikon di bilah tugas seperti yang biasa Anda lakukan saat menjalankan program desktop.

Berselancar, mainkan, dan nikmati media di Windows 10

Windows 10 hadir dengan browser web Microsoft Edge baru , versi saat ini yang didasarkan pada Chromium dan menggantikan Internet Explorer lama.

Namun, yang terakhir masih tersedia karena kompatibilitasnya dengan beberapa aplikasi seperti ActiveX. Yang juga baru adalah asisten suara Cortana, yang dapat dimulai dengan perintah suara “Hey Cortana” dan menyajikan hasil pencarian di Microsoft Edge dengan mesin pencari Bing.

Cortana memerlukan akun Microsoft dan harus diaktifkan sebelum digunakan pertama kali.

Microsoft telah menghapus Windows Media Center di Windows 10, yang sepenuhnya dihapus saat Anda memutakhirkan dari Windows 7.

Windows Media Player juga mengalami keterbatasan dan sekarang tidak mendukung MPEG-2 maupun DVD. MediaPortal atau Kodi adalah alternatif .

Baca Juga :  Download Windows 10 Pro 32 / 64-bit ISO (Terbaru 2022)

Media Center Kodi dapat menangani video, foto, musik, DVD dan CD audio dan dapat diperluas dengan plug-in.

Windows 10 menawarkan gamer sistem operasi yang lebih mendukung game dan perangkat keras saat ini. Windows 10 sangat bermanfaat untuk game Xbox, karena skornya dengan fitur dan kinerja yang lebih baik dan karenanya lebih cepat.

Pembaruan ke Windows 10 secara gratis

windows 10

Pengguna Windows 7, 8, dan 8.1 memiliki opsi upgrade gratis ke Windows 10.

Penawaran dari Microsoft ini sebenarnya telah berakhir pada 29 Juli 2016, tetapi masih dimungkinkan untuk meningkatkan ke Windows 10 secara gratis melalui Pembaruan Windows 10 Asisten .

Setelah pemutakhiran yang berhasil, Windows 10 menginstal lisensi digital di komputer, yang mengaktifkan Windows 10 bahkan setelah mengganti hard drive dan menginstalnya kembali dengan koneksi Internet.

Namun, Anda harus memastikan bahwa Anda memiliki edisi yang tepat agar Windows 10 diaktifkan.

Windows 10 dapat diinstal pada banyak perangkat

Microsoft Windows 10 juga berjalan di Xbox dan Surface Book selain komputer desktop dan notebook. Namun, varian Windows 10 untuk perangkat yang berbeda cukup berbeda, sehingga game untuk Xbox belum tentu bisa dimainkan di PC Windows.

Setelah berbagai edisi versi Windows sebelumnya, Windows 10 hanya menawarkan edisi desktop Home, Professional dan Enterprise sebagai sistem 32- dan 64-bit . Selain itu, ada Edisi Pendidikan untuk sekolah dan universitas.

Home Edition menawarkan fungsi paling sedikit dan tidak disertakan dengan program enkripsi hard drive Bitlocker.

Windows 10 dapat diunduh untuk sistem 32- dan 64-bit dengan MediaCreationTool untuk DVD dan stik USB. Namun, Anda memerlukan kunci lisensi yang valid jika Anda tidak memiliki opsi upgrade gratis.

Windows 64-bit direkomendasikan pada komputer modern, karena jika tidak, hanya di bawah 4 GB RAM yang dikenali. Versi 32-bit hanya masuk akal pada komputer 32-bit lama dengan RAM kurang dari 4 GB.

Saat Anda memulai Windows 10 untuk pertama kalinya, Anda harus menjawab beberapa pertanyaan. Anda tidak boleh mengklik “Gunakan pengaturan ekspres” tetapi pada tautan “Sesuaikan pengaturan” yang tidak mencolok.

Ini meningkatkan perlindungan data Anda sendiri jika Anda melarang pengiriman data ke Microsoft menggunakan sakelar yang ditunjukkan.

Pembaruan fitur untuk Windows 10

Selain pembaruan keamanan, Windows 10 diperluas untuk menyertakan kemampuan baru melalui apa yang disebut pembaruan fungsi.

Ini sekitar dua kali setahun dan juga penting untuk pembaruan keamanan, karena Microsoft tidak lagi memperbarui pembaruan fungsi yang lebih lama. Oleh karena itu, pembaruan fungsi saat ini harus diinstal sebelum akhir dukungan untuk versi yang digunakan agar dapat terus menerima pembaruan keamanan.

Pembaruan November 2021 (Versi 21H2)

Dengan pembaruan musim gugur, Microsoft beralih ke hanya merilis pembaruan fitur tahunan untuk Windows 10. Selain itu, pembaruan membawa sedikit hal baru, seperti dukungan untuk standar WPA3-H2E untuk meningkatkan keamanan WLAN dan dukungan untuk teknologi login Windows Hello for Business tanpa kata sandi.

Pengembang telah berfokus pada peningkatan produktivitas, manajemen, dan keamanan Windows 10. Pembaruan dalam versi Home dan Pro akan diperbarui hingga 13 Juni 2023.

Informasi lebih lanjut tersedia di artikel Microsoft merilis pembaruan Windows 10 ISO 21H2 v2 Tahun 2022.

Pembaruan Mei 2021 (Versi 21H1)

Dengan pembaruan musim semi, Microsoft berfokus pada peningkatan keamanan, akses jarak jauh, dan kualitas. Selain itu, sinkronisasi tema telah dihapus.

Informasi lebih lanjut tersedia di artikel Windows 10: Update May 2021 (21H1) yang dirilis di heise online.

Baca Juga :  Download Windows 10 Pro 32 / 64-bit ISO (Terbaru 2022)

Sejarah pembaruan Windows utama

Akhir dukungan telah tercapai untuk pembaruan fitur yang tercantum di bawah ini. Pengguna harus beralih ke pembaruan fungsi saat ini agar lebih terlindungi dari malware.

Pembaruan Oktober 2020 (Versi 20H2)

Pembaruan musim gugur untuk Windows 10 hanya membawa sedikit inovasi dibandingkan dengan versi sebelumnya dan pembaruan browser Microsoft Edge , yang sekarang berbasis Chromium . Ini akan diberikan pembaruan keamanan oleh Microsoft setidaknya selama 18 bulan hingga 10 Mei 2022.

Pembaruan akan diluncurkan ke komputer yang menjalankan Windows 10 1903, 1909, dan 2004 dalam jangka waktu yang lama, tetapi juga dapat diterapkan melalui Kebijakan Grup di Windows 10 Pro.

Atau, pemutakhiran tersedia melalui Media Creation Tool .

Pembaruan Mei 2020 (Versi 2004)

Pembaruan fungsi pertama di tahun pandemi korona 2020 membawa keamanan lebih saat menggunakan WLAN dan mendukung Wi-Fi 6 dan WPA3. Seperti pendahulunya, Microsoft akan memberikan update keamanan selama 18 bulan hingga 14 Desember 2021.

Pembaruan Mei akan didistribusikan ke komputer dengan Windows 10 1903 dan 1909 dalam gelombang, tetapi juga dapat dipicu secara manual melalui pencarian pembaruan Windows. Atau, upgrade tersedia melalui Media Creation Tool.

Pembaruan November 2019 (versi 1909)

Seperti versi 1903, versi 1909 dirilis dua bulan lebih lambat dari yang disarankan oleh nomor versi. Pembaruan fitur akan didukung dengan pembaruan keamanan selama 18 bulan hingga 11 Mei 2021.

Pengecualian, bagaimanapun, adalah dukungan 30 bulan untuk versi Enterprise dan Education. Microsoft memperbaiki masalah dan meningkatkan stabilitas di versi 1909, tetapi menahan perubahan. Ini adalah untuk mengikuti tahun depan.

Pembaruan Windows 10 November 2019 (V1909) tersedia: Kiat pemasangan di heise online

Pembaruan Mei 2019 (versi 1903)

Pada 21 Mei 2019, Microsoft merilis Windows 10 1903 sebagai peningkatan fitur baru. Pembaruan otomatis, yang mengganggu dan cukup menghancurkan bagi banyak pengguna, tidak ada lagi, sehingga pengguna harus melakukannya sendiri untuk mendapatkan pembaruan Mei.

Ini dapat dilakukan melalui jalur menu “Pengaturan> Pembaruan dan Keamanan> Pembaruan Windows” di Windows 10 atau sebagai alternatif Alat Pembuatan Media. Namun, pembaruan paksa harus dipertahankan untuk peningkatan fungsi yang dukungannya kedaluwarsa.

Pembaruan Oktober 2018 (versi 1809)

Seperti biasa dengan Windows 10, pembaruan Oktober 2018 dapat diunduh, diinstal, atau dibakar ke DVD menggunakan MediaCreationTool.

Setelah berabad-abad, peningkatan fungsi Microsoft Windows 10 1809 menghadirkan fungsi baru dari editor Microsoft Windows Notepad atau Edit dan sekarang akhirnya dapat menangani jeda baris Linux dan Mac.

Selain itu, teks dapat diperbesar atau diperkecil dengan mouse dan keyboard, dan pencarian dapat dilanjutkan di awal dokumen.

Aplikasi foto “Snipping Tool” sekarang juga memiliki lebih banyak fungsi dan foto dapat diedit secara nirkabel dengan smartphone dan tablet dengan Android 7 jika aplikasi “Microsoft Apps” diinstal.

Dengan browser Microsoft Edge, Anda dapat mematikan pemutaran otomatis audio dan video. Ada juga aplikasi baru “Cloud Clipboard”, yang berisi konten clipboard, yang juga dapat digunakan di PC Windows 10 lain jika cloud digunakan dan akun Microsoft yang sama digunakan.

Pembaruan Windows 10 Versi 1803

Pembaruan Microsoft Windows 10 dalam versi 1803 keluar pada akhir April 2018. Versi build dari sistem operasi ini memungkinkan pengguna untuk memulihkan tata letak jendela melalui timeline dan menemukan aplikasi windows yang diperbarui untuk mengedit pengaturan.

Untuk administrator, Windows 10 1803 membawa kebijakan grup baru dan perubahan pada subsistem Windows untuk Linux. Pembaruan keamanan terakhir dirilis pada 11/12/2019.

Baca Juga :  Download Windows 10 Pro 32 / 64-bit ISO (Terbaru 2022)

Pembaruan Fall Creators – Windows 10 Versi 1709

Pada bulan Oktober 2017 pembaruan kelima Windows 10 akan dirilis, yang disebut Windows 10 Fall Creators Update. Ini memberikan perlindungan yang lebih baik terhadap ransomware melalui fitur Akses Folder Terpantau.

Hanya program yang telah diizinkan untuk menulis ke folder data mereka sendiri yang sekarang diizinkan untuk menulis ke mereka.

Selain itu, pembaruan sekarang sepenuhnya mengintegrasikan Enhanced Mitigation Experience Toolkit (EMET) ke Windows 10, meningkatkan fungsi PDF dari browser Edge dan menambahkan gerakan menggesek satu jari ke keyboard di layar.

Untuk OneDrive, Fall Creators Update menawarkan fitur Files On Demand, yang mengunduh konten ke komputer Anda hanya saat Anda membutuhkannya.

Siapa pun yang menggunakan profil pengguna terakhir yang digunakan lagi setelah menyalakan komputer sekarang dapat mulai bekerja lebih cepat dan mengedit dokumen atau foto, misalnya. Karena Windows 10 memuat ini secara otomatis saat boot, sehingga tersedia segera setelah masuk, sama seperti setelah membuka kunci.

Pembaruan Pembuat – Windows 10 Versi 1703

Pembaruan fitur diharapkan akan dirilis pada April 2017 dan akan menambahkan fitur dan aplikasi 3D ke Windows 10 untuk materi iklan. Dengan tablet dengan Windows 10, permukaan sentuhnya kemudian dapat digunakan sebagai touchpad virtual untuk mengontrol penunjuk mouse pada layar kedua yang terhubung tanpa fungsi sentuh.

Kacamata VR dengan dukungan untuk Windows 10 akan segera tersedia untuk bekerja dan bermain. Inovasi ini dilengkapi dengan game 4K dan ekstensi 3D dari program menggambar “Paint” Microsoft.

Dengan Pembaruan Pembuat Konten, aplikasi platform Windows universal dapat ditempatkan di sudut desktop sebagai hamparan layar, yang dapat menarik untuk jendela video.

Ada juga ubin baru “Pusat Keamanan Windows Defender”. Ini menunjukkan ikhtisar status “Pembela” dan menawarkan akses yang lebih mudah ke firewall dan kontrol akun keluarga. Karena ini tersembunyi di panel kontrol di bawah “Keamanan dan Pemeliharaan”.

Pembaruan Ulang Tahun—Windows 10 versi 1607

Pembaruan fitur kedua untuk Windows 10 keluar pada 2 Agustus 2016 dengan Pembaruan Ulang Tahun. Ini mendukung pena input sensitif tekanan dari Surface 4 Pro untuk menggambar di pad gambar Microsoft baru “Windows Ink”. Selain itu, perlindungan virus Microsoft “Defender” sekarang mencari sistem offline untuk malware.

Asisten bahasa Cortana memutar musik oleh artis yang diinginkan sesuai perintah dan mengirimkan rute untuk sistem navigasi dari PC ke smartphone.

Pemberitahuan tentang status baterai smartphone dan pesan teks sekarang dapat muncul di PC jika diinginkan. Dan jendela program individual muncul setelah Pembaruan Ulang Tahun melalui klik kanan pada semua desktop virtual. Ini menyimpan sakelar desktop ke aplikasi yang diperlukan di semua desktop.

Pembaruan November—Windows 10 Versi 1511

Pada 12 November 2015, peningkatan fitur Windows utama pertama dirilis dengan versi 1511. Seperti halnya Ubuntu , nomor versi terdiri dari tahun dan bulan. Dengan peningkatan versi, Microsoft meningkatkan beberapa fungsi. Lebar jendela ganda yang ditambatkan ke kiri dan kanan tepi layar sekarang dapat diubah.

Warna bilah judul jendela menyesuaikan dengan warna aksen jika ini muncul di bilah tugas dan menu mulai. Ada juga submenu untuk ubin di menu mulai.

Selain itu, versi 1511 memudahkan untuk beralih dari Windows 7, 8, dan 8.1 yang diaktifkan ke Windows 10 jika kunci lisensi tersedia untuk versi ini. Kunci sekarang diterima oleh Windows 10, sehingga Anda dapat langsung menginstal ulang Windows 10 tanpa memutakhirkan.