Cara Mudah dan Praktis Screenshot di Windows, MacBook Mac OS, Android dan iPhone

screenshot

Screenshot juga disebut tangkapan layar adalah gambar yang menggambarkan isi layar komputer. Tangkapan layar memungkinkan Anda untuk menangkap dengan tepat apa yang ada di layar Anda untuk dibagikan atau dijadikan arsip nanti.

Mengambil, menyimpan, dan berbagi tangkapan layar bisa sangat berguna. Beberapa bahkan berpendapat bahwa screenshot adalah hal terpenting di Internet.

Apa itu Screenshot ?

screenshot

Screenshot adalah alat yang berguna untuk membuat gambar layar Anda saat ini. Screenshot adalah representasi dari konten saat ini yang dihasilkan oleh PC. Namun, Screenshot dapat mencakup seluruh situs web dan dengan demikian area yang tidak terlihat di layar.

Namun, Screenshot dapat diambil di ponsel dan tablet dengan menekan tombol home dan lock secara bersamaan. Gambar yang dihasilkan disimpan langsung ke perangkat sebagai file gambar.

Mengambil screenshot PC juga sederhana: pada sistem operasi Windows, tekan tombol “Kontrol” (CTRL) dan “Cetak S-Rq” secara bersamaan. Kemudian luncurkan program pengeditan gambar seperti Paint. Gambar layar Anda yang disimpan di clipboard ditempel di sana menggunakan kombinasi tombol “CTRL” dan “V.” Setelah itu, Anda dapat memberi nama dan menyimpan Screenshot Anda.

Untuk mengambil Screenshot Macbook, tahan tombol Shift, Command, dan 3 secara bersamaan. Screenshot kemudian disimpan ke desktop atau ditampilkan sebagai thumbnail di sudut kanan bawah layar.

Kapan Screenshot harus digunakan?

Di media sosial, Screenshot dapat digunakan untuk merekam pernyataan yang nantinya dapat dihapus oleh penulis. Namun, Screenshot juga dapat digunakan untuk pesan kesalahan dan bug: Kesalahan dapat didokumentasikan dan dengan demikian membantu dalam penyelesaian masalah. Hal ini terutama berlaku untuk dokumentasi teknis.

Mengambil Screenshot: Apa nama pintasan keyboard itu lagi?
Menangkap informasi dari Internet dengan cepat atau merekam riwayat obrolan? Cukup ambil Screenshot setelah itu. Secara khusus, Screenshot. Ini dicapai dengan cepat dengan kombinasi tombol yang tepat.

Cara Mengambil Screenshot

screenshot

Screenshot PC, Screenshot Macbook, serta Smarthphone Android dan iPhone

Ambil Screenshot seluruh layar di Mac OS dengan menekan “cmd” + “Shift” + “3” secara bersamaan. Untuk memotret area individu dengan garis bidik, gunakan kombinasi tombol “cmd” + “Shift” + “4”. Screenshot disimpan ke desktop sebagai file.

Tahan tombol power dan home pada iPhone Anda secara bersamaan. Pada perangkat yang lebih baru, tekan tombol “Daya” dan “Volume Turun” secara bersamaan. Layar kemudian akan cerah sebentar sebelum disimpan dalam folder foto.

Prosedur untuk Screenshot atau menangkap layar Android Anda sebagai gambar mungkin berbeda tergantung pada produsennya. Namun, seperti halnya iPhone, Anda biasanya harus melanjutkan di sini juga.

Ada beberapa opsi yang tersedia di Windows. Tekan “Print Screen” untuk menangkap seluruh layar, atau “Alt” + “Print Screen” untuk menangkap jendela aktif. Gambar tersebut kemudian disalin ke clipboard dan dapat ditempelkan ke Paint atau aplikasi pesan instan seperti Telegram dengan menekan “Ctrl” + “V.”

Anda juga dapat menggunakan alat Screenshot snipping di Windows. Tekan kombinasi tombol “Windows” + “Shift” + “S”. Kemudian, dengan tombol kiri mouse, pilih area yang ingin Anda foto. Gambar juga disalin ke clipboard dalam kasus ini.

Cara Screenshot Laptop Menggunakan Aplikasi

1. Cara Screenshot di Laptop Menggunakan Aplikasi PhotoScape

Cara screenshot di laptop dan PC juga bisa dilakukan menggunakan aplikasi PhotoScape. Aplikasi screenshot ini merupakan aplikasi pihak ketiga. Berikut langkah-langkahnya: Langkah 1: Nyalakan laptop Windows 10 dan buka halaman yang akan di-screenshot.

Lalu, buka aplikasi PhotoScape dan klik icon Screen Capture atau Menangkap Layar.

Langkah 2: Kemudian muncul kotak dialog yang menampilkan beberapa pilihan, seperti Menangkap Utuh Satu Layar, Menangkap Jendela, Mengkap Area dan Mengulang Tangkapan Terakhir.

Langkah 3: Setelah menentukan pilihan, semisal Menangkap Utuh Satu Layar. 5. Hasil gambar yang ditangkap akan ditampilkan, lalu bisa diedit sesuka hati dan disimpan.

2. Cara Screenshot Laptop

Menggunakan Aplikasi LightShot Cara tercepat untuk mengambil screenshot yaitu dengan menggunakan aplikasi LightShot.

Selain bisa diinstal di Windows, aplikasi ini juga bisa diinstal di platform lain seperti MacOs, Chrome Os, Firefox, dan lain-lain. Fitur lain dari Lightshot yaitu bisa melakukan screenshot pada area tertentu.

Namun, dalam beberapa kasus, alasan masalahnya juga dapat berupa perlindungan salinan: Netflix, Amazon Prime and Co menggunakan ini untuk mencegah materi berhak cipta disalin dan didistribusikan dengan mudah.

Oleh karena itu, Anda tidak akan mendapatkan screenshot yang dapat digunakan. Sayangnya, Anda tidak dapat melewati perlindungan ini.