Program Belajar Online Bekam Sinergi Pengobatan Diabetes Dibuka untuk Umum

Poster CEBS-3 (dok. istimewa)

SLEMAN (kabarkota.com) – Selama ini, penyakit Diabetes Millitus dan Hipertiroid banyak dikeluhkan oleh pasien dengan di atas 30 tahun, khususnya yang datang ke terapis bekam, akupuntur, maupun moksibusi.

Khusus penyakit Diabetes Millitus, Data International Diabetes Federation (IDF) Atlas tahun 2021 seperti dilansir dari kompas.com menunjukkan, Indonesia menempati peringkat ke-5 dengan jumlah penderita diabetes terbesar di dunia. Angka tersebut meningkat nyaris dua kali lipat jika dibandingkan tahun 2019 yang jumlahnya sebesar 10,7 juta.

Namun masih banyak masyarakat yang melakukan tindakan terapi tradisional untuk pengobatan diabetes, tetapi reaksinya bagi pasien kurang maksimal. Itu karena kurangnya pemahaman mereka tentang diagnosa.

Untuk itu, Continuous E-Learning Bekam Sinergi (CEBS) 3 kembali membuka Program Belajar Online Bekam Sinergi untuk Penyakit Sistem Hormon, pada 30 Juli 2022 mendatang.

Ketua panitia CEBS-3, Azizah mengatakan, salah satu tujuan program ini untuk mewadahi para terapis, tenaga kesehatan medis, serta masyarakat umum supaya bisa memahami kesehatan tubuh mereka sendiri.

“Bekam sinergi ini kami tujukan untuk semua lapisan masyarakat. Termasuk masyarakat umum yang memang dia belum memahami ilmu kesehatan,” kata Azizah kepada kabarkota.com, Kamis (16/6/2022).

Azizah menjelaskan, dalam program ini nantinya para peserta akan mendapatkan materi tentang konsep kesehatan dasar atau anatomi fisiologi, baik medis maupun tradisional.

“Secara tradisionalnya tentang bekam, akupuntur, maksibusi, herbal tradisional Indonesia dan pengobatan Cina, serta ilmu gizi,” paparnya.

Untuk membahas itu, sejumlah narasumber akan dihadirkan. Pertama, dr. Purnomo Sidiq yang akan membahas tentang Anatomi Fisiologi Sistem Hormon bagi Terapis. Kedua, dr. Achmad Ali Ridho yang akan menyampaikan materi “Tata Laksana Penyakit Diabetes Millitus dan Hipertiroid dengan Bekam Api, Moksibusi, Bekam Basah, dan Akupuntur”.

Narasumber ketiga, Mr. Zudan Ady Wijaya, Apt. akan memaparkan tentang Tata Laksana Penyakit Diabetes Millitus dan Hipertiroid dengan Herbal Thibbun Nabawi, TCM, dan Jamu. Keempat, dr. Fetria Melani, Sp. GK (dokter spesialis gizi Klinik RSUD RAA Soewondo Pati, Jateng) yang akan mengulas tentang Gizi Seimbang untuk Pasien Diabetes Millitus dan Hipertiroid.

CEBS-3 yang akan digelar secara virtual melalui live zoom dan Youtube, mulai pukul 08.00 – 15.00 WIB ini bisa diikuti oleh masyarakat umum dengan Harga Tiket Masuk Rp 125 ribu/CEBS dan Rp 200 ribu/CEBS 2 & 3. Sedangkan harga khusus untuk alumni Rp 100 ribu/CEBS dan Rp 168 ribu/CEBS 2 & 3. Pembayaran dapat dilakukan melalui rekening BSI 708.108.2008 an. Umi Nurul Azizah.

Pendaftaran dan konfirmasi infaq untuk peserta putri bisa menghubungi 0858-7888-9162 (Erisha) atau 0857-4251-5151 (Azizah), dan peserta putra bisa mengihubungi contact person 0813-1930-0330 (Satrio). (Rep-02)

Baca artikel “Program Belajar Online Bekam Sinergi Pengobatan Diabetes Dibuka untuk Umum” selengkapnya di Kabarkota.com