Uji perbandingan Hyundai Sonata vs Kia K5 : Dua Alternatif untuk Mobil Kompak 2021

Hyundai Sonata vs. Kia K5

Gema – Sedan ukuran sedang terbaik, dan jawaban “Honda Accord” akan datang secepat dan secermat mungkin seperti tendangan di kaki setelah pukulan ke tendon patela. Honda menduduki peringkat teratas sedan menengah, dan untuk alasan yang bagus.

Tetapi bagi banyak pembeli, Accord atau Toyota Camry adalah pilihan yang sangat jelas atau ada di mana-mana. Selama beberapa dekade, pembuat mobil Korea yang terkait dengan perusahaan telah menawarkan lebih banyak fitur dan teknologi dengan harga yang sama atau kurang, dan sekarang menawarkan desain yang lebih berani.

Hyundai dan Kia juga menawarkan garansi lebih lama daripada papan nama Jepang, meskipun ada banyak bukti bahwa Anda mungkin tidak pernah membutuhkannya: Kia baru-baru ini menduduki peringkat #1 dalam Studi Kualitas Awal JD Power 2020 (Hyundai peringkat 9, Honda 19, Toyota 20), Consumer Reports peringkat Hyundai hanya keenam dalam hal keandalan, di belakang Honda (kedua Toyota, Kia 15).

Hyundai Sonata vs. Kia K5 2Tapi sedan menengah Korea kelas atas mana yang merupakan alternatif paling layak untuk Accord? Untuk membantu Anda memutuskan, kami menghadirkan Hyundai Sonata versus Kia K5, yang mungkin lebih Anda kenal dengan nama sebelumnya, Kia Optima.

Manakah dari sedan menengah Korea kelas atas yang merupakan alternatif paling layak untuk Accord? Untuk membantu Anda memutuskan, kami menghadirkan Hyundai Sonata versus Kia K5, yang mungkin lebih Anda kenal dengan nama sebelumnya, Kia Optima.

Manakah dari sedan menengah Korea kelas atas yang merupakan alternatif paling layak untuk Accord? Untuk membantu Anda memutuskan, kami menghadirkan Hyundai Sonata versus Kia K5, yang mungkin lebih Anda kenal dengan nama sebelumnya, Kia Optima.

Hyundai Sonata vs. Kia K5 3

Manakah dari sedan menengah Korea kelas atas yang merupakan alternatif paling layak untuk Accord? Untuk membantu Anda memutuskan, kami menghadirkan Hyundai Sonata versus Kia K5, yang mungkin lebih Anda kenal dengan nama sebelumnya, Kia Optima.

Bagaimana Sonata dan K5 dibandingkan dengan akord

Dalam hal ukuran, orang Korea mengukur di sebagian besar dimensi eksternal hingga sepersepuluh inci. Di dalam, orang Korea menawarkan ruang kaki 9 persen lebih banyak di depan dan 13-14 persen lebih sedikit di belakang, dan ruang bagasi sedikit lebih sedikit (16,0 berbanding 16,7 kaki). Kubus). Kami membandingkan dua pengaturan mid-range saat ini:

Sonata SEL lebih dibandingkan dengan K5 EX, yang lebih sesuai dengan grade EX-L Accord. Turbo 1,5 liter Honda yang lebih kecil menghasilkan 12 tenaga kuda lebih banyak tetapi 3 lb-ft lebih sedikit dari turbo 1,6 liter Hyundai Kia. Accord mendapat CVT. Hyundai dan Kia berbagi transmisi otomatis delapan kecepatan konvensional. Performanya bahkan lebih dekat daripada dimensi eksternal.

Hyundai Sonata vs. Kia K5 4

Harga dasar Hyundai dan Kia mulai sekitar $3.000 lebih murah, tetapi mobil uji kami memiliki opsi yang mendekati harga par. (Honda menawarkan beberapa pilihan pabrik.)

Perbedaan mencolok: Accord EX-L memiliki jok kulit asli sementara orang Korea menerima “kulit sintetis”, tetapi Hyundai dan Kia memiliki layar infotainment 10,3 inci dengan navigasi (hanya bagian atas layar). Accord menawarkan navigasi, pada layar 8,0 inci yang lebih kecil), airbag samping kursi belakang, dan sunroof panorama (Honda tidak menawarkannya).

Kia kami juga dilengkapi roda kemudi berpemanas (tidak ditawarkan oleh Honda), kursi berventilasi (hanya untuk perjalanan) dan pengisi daya telepon nirkabel (opsi yang dipasang dealer, $350 untuk Accord). Tapi keunggulan biaya terbesar Honda adalah mempertahankan nilai bagusnya.

Hyundai Sonata vs. Kia K5 5a IntelliChoice kami mematok depresiasi lima tahun sebesar 46 persen untuk Accord EX-L versus 55 persen untuk Sonata kami dan 58 persen untuk pendahulunya Optima EX Premium K5. Dengan demikian, total biaya kepemilikan lima tahun yang diharapkan adalah $2.500 – $4.850 lebih sedikit untuk sebuah Honda.

Hyundai Sonata vs Kia K5: Suasana interior,

Tampaknya kedua mobil ini dibuat melawan jenisnya. Kami berharap Hyundai menjadi penawaran yang lebih halus, matang, dan serius, dan saudara perempuan Kia Stinger menjadi lebih antusias dari keduanya. Tapi interior ini menjungkirbalikkan harapan itu.

Kokpit serba hitam Sonata memiliki kursi dengan sisipan suede dan pipa dan jahitan merah, roda kemudi memiliki sandaran jempol dan paddle shifter yang menonjol, dan tuas persneling yang dipasang di konsol dioperasikan dengan tombol. Kluster instrumen digital yang dapat dikonfigurasi ulang menawarkan mode olahraga dengan skala miring merah untuk menunjukkan kecepatan.

Sebaliknya, K5 memiliki jok kulit abu-abu muda dan sandaran tangan versus dasbor hitam dan panel pintu, semuanya beraksen dengan kayu imitasi matte berpori terbuka yang membentang dari dasbor ke panel pintu depan dan belakang. Ventilasi AC, termasuk yang ada di belakang, dibingkai dalam material nikel yang disikat dengan tampilan struktural dengan gerigi di sepanjang tepi bawah. yang – yang’

Hyundai Sonata vs. Kia K5 6

Jarak sumbu roda kecil 0,4 inci memberi K5 keunggulan yang sama di ruang kaki belakang di atas Sonata, dan entah bagaimana mencakup tambahan ruang pinggul depan dan belakang dua inci. Namun saat duduk di kedua mobil, keduanya akan terasa sama luasnya dan terutama lapang di bagian belakang.

Kursinya menawarkan tingkat dukungan dan bantalan yang serupa, tetapi Kia terasa lebih mewah, terutama di bagian belakang. Ada kayu yang indah ini, kedua sandaran kursi memiliki kantong peta kulit imitasi, dan dua port USB disediakan untuk mengisi daya perangkat penumpang.

Tampilan Sonata hitam yang suram dan pudar (tidak ada warna lain yang tersedia pada SEL Plus) hanya terganggu oleh detail yang jarang pada jok merah dan garis metalik mengkilap di pintu. Hanya ada satu saku peta jala di bagian belakang kursi depan sisi penumpang, dan penumpang harus berjuang untuk satu konektor USB.

Keempat sandaran tangan pintu Kia memiliki bibir depan yang kecil. “Mudah ditangkap dan detail yang bijaksana seperti itulah yang membedakan mobil ini,” kata editor Detroit Alyssa Briddle.

Kedua mobil memiliki sistem suara Bose Centerpoint 12-speaker, masing-masing dengan fitur “Suara Alam” baru yang dapat mereproduksi kebisingan latar belakang sekitar, termasuk hutan yang semarak, kafe luar ruangan, perapian yang nyaman, kota bersalju, ombak laut yang tenang, dan hujan. hari (hati-hati Dua yang terakhir dapat menyebabkan stimulasi kandung kemih). Oh, dan pada topik suara, sonata memainkan syair orkestra yang indah saat Anda menyalakan atau mematikannya.

Sonata sekali lagi sedikit unggul dalam konten fungsionalitas. Kontrol iklim zona ganda menampilkan pembacaan suhu digital futuristik di dalam kenop penyesuaian.

Toolkit yang sepenuhnya dapat dikonfigurasi memberikan lebih banyak informasi dan dinamisme visual; Tampilan infotainment telah diprogram untuk memberikan lebih banyak informasi, termasuk grafik akselerasi dan deselerasi, grafik distribusi kecepatan, dan informasi perjalanan terperinci.

Layar K5 sebagian besar hanya menampilkan navigasi, informasi audio, dan/atau pencerminan layar ponsel. Hyundai juga menawarkan fitur Digital Key yang memungkinkan ponsel Anda (atau ponsel resmi lainnya) berfungsi sebagai kunci.

Hyundai Sonata vs. Kia K5 7

Hyundai Sonata vs Kia K5: Performa kompak

Seharusnya tidak mengherankan bahwa hanya dengan perbedaan berat 53 pon yang memisahkan dua I-4 180-hp, 195-lb-ft identik yang dipasangkan dengan transmisi otomatis delapan kecepatan yang identik, hanya sepersepuluh detik atau mph saja. Apa yang membedakan keduanya.

Menariknya, kinerja throttle rata-rata dari setiap contoh varian klasik dari delapan sedan yang kami peringkatkan di Panduan Pembeli kami menghasilkan standar deviasi 0,2 detik pada 60 mph dan lebih dari seperempat mil, dengan orang Korea kami secara kasar mencapai rata-rata itu. Persiapan. Perhentian Kia 124-kaki-kali-60-kaki juga mewakili rata-rata kelas.

Kedua mobil uji kami menggunakan ban Pirelli P Zero All Season, tetapi patch kontak Hyundai yang lebih lebar (245/40R19 vs. 235/45R18) memberikan keunggulan penanganan yang nyata, memperkuat kesan kami sebelumnya bahwa Sonata lebih sporty daripada keduanya.

Pegangan samping 0,85g mengalahkan rata-rata kelas Kia 0,83 dan 0,82, tetapi peringkat delapan kali keseluruhan dari 27,0 detik hingga 0,64g adalah 0,4 detik lebih cepat dari Kia dan 0,6 lebih cepat dari rata-rata.

Bagaimana perasaan Sonata dan K5 di jalan?

Angka-angka hanya menceritakan setengah dari cerita, dan sejujurnya, ini adalah cerita yang tidak terlalu dipedulikan oleh pembeli sedan menengah.

Bagaimana perasaan mobil di jalan? Editor Detroit Bridle dan saya kembali tanpa menguji Sonata N Line yang lebih cepat dan varian K5 GT turbo 2,5 liter, seperti yang dilakukan rekan-rekan kami dari California.

Tanpa konteks itu, kami menemukan kinerja yang tepat, karena perpindahan gigi turun dengan cepat dan memungkinkan kami untuk dengan mudah melewati truk yang lambat dalam putaran dua jalur drive-by. Namun, editor fitur Christian Sebau menemukan bahwa meskipun “mesinnya benar-benar hidup untuk siklus 0-30 mph perkotaan, itu mengalir dari 55 hingga 75.”

Semua editor yang telah mencoba turbo 1.6 liter ini mengkritik kebisingan dan getarannya, menggunakan banyak kata sifat seperti berpasir, kasar dan kasar.

Seabaugh lagi: “Apakah saya menyebutkan bahwa mesin mengguncang kursi dan memperlambat kemudi?” Briddle menemukan bahwa “di Sport, mesin K5 tidak sekuat itu, respons throttle tidak instan saat Anda menekannya dengan keras, dan daya dorongnya tidak seagresif Sonata.

” Konsensusnya adalah bahwa Hyundai memiliki catatan mesin terbaik ketika dikonfigurasi dalam mode Sport.

Kesan mengemudi memisahkan kedua mobil uji lebih dari akselerasi. Ban Sonata menghasilkan cengkeraman yang lebih kuat dan lebih sedikit derit daripada ban K5. “Suspensi K5 terasa sedikit lebih dinamis,” kata Briddle. “Saya merasa saya bisa lebih percaya diri dan menangani belokan dengan kecepatan yang lebih baik dengan Sonata.”

Sisi lain dari penanganan yang lebih curam ini adalah biaya untuk pengendaraan yang berkualitas. “Perjalanan cepat membatasi kemampuannya sebagai kendaraan perjalanan darat, tetapi akan dengan senang hati mengorbankan perjalanan yang sempurna untuk meningkatkan daya tarik trotoar,” kata direktur Panduan Pembeli Zach Gale dari Sonata 19.

Kedua mobil memungkinkan tekstur jalan untuk dibaca melalui roda kemudi, yang menurut kami cukup menarik. Mode kemudi nyaman Hyundai tampaknya lebih baik mereplikasi bantuan kemudi hidraulik V-notch yang digunakan untuk berbelok dalam garis lurus, dengan upaya meningkat secara linier untuk beberapa derajat putaran pertama di kedua arah. Takik ini menyusut dalam mode olahraga.

Hyundai Sonata vs Kia K5: Kesimpulan

Mobil-mobil ini sangat selaras dengan semua skala objektif sedan keluarga sehingga preferensi pribadi dapat dengan mudah memengaruhi keputusan di kedua arah karena alasan gaya eksterior, kecemerlangan interior, atau kesan sporty.

Demikian juga, jika Anda tertarik dengan model hibrida, Hyundai (dan Honda dan Toyota) mengisi ceruk itu, dan mereka yang membutuhkan penggerak semua roda dapat membeli Kia (dan Nissan, Subaru atau Toyota).

Namun di antara dua mobil yang kami uji, kami merasakan teknologi tambahan dan konten premium, penanganan yang aman, sasis dan interior yang berorientasi sport, dan rencana perawatan gratis tiga tahun/36.000 mil yang hanya ditawarkan Hyundai di segmen ini (Toyota mencakup dua / 25.000 mil) memberikan keunggulan bagi Hyundai Sonata.