Nakes Pengunggah Konten Viral soal Privasi Pasien, Mahasiswi Unisa Yogya?

Ilustrasi (do. pixabay)

YOGYAKARTA (kabarkota.com) – Universitas Aisyiyah (Unisa) Yogyakarta mengkarifikasi terkait adanya video viral yang diduga nakes praktik di RSUD Wonosari. Video berdurasi kurang dari satu menit tersebut ia unggah di TikTok, dan menceritakan tentang pengalamannya memasang kateter urine pasien laki-laki yang menurutnya “good looking”.

Buntut dari unggahan video itu, Unisa Yogyakarta membenarkan bahwa perempuan dalam konten tersebut adalah salah satu mahasiswinya, dan pihak Prodi sudah memberikan teguran kepada mahasiswi tersebut. Sekaligus memberikan sanksi tegas.

“Kami memberhentikan sementara mahasiswi tersebut dari praktik di Rumah Sakit,” tegas Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan Unisa Yogyakarta, Moh. Ali Imron dalam pernyataan resminya secara tertulis, pada Kamis (2/6/2022).

Selain itu, pihak universitas juga memohon maaf kepada seluruh pihak, termasuk Preofesi Kesehatan secara umum, khususnya profesi keperawatan.

Lebih lanjut Ali menambahkan bahwa pohaknya akan segera melakukan pertemuan dengan Direktur dan Ka. Diklat lokasi praktik terkait.

Pihaknya juga berharap, agar para mahasiswa dan mahasiswi yang melakukan praktik kerja sebagai Nakes dapat memenuhi kode etik yang berlaku. Mengingat, sebelum diterjunkan ke lokasi praktik, mereka telah mengikuti pembekalan berupa Kompetensi Keahlian, janji Pra-Ners, pembekalan etik, termasuk menjaga privasi klien, keselamatan kerja, keselamatan pasien, dan wajib lolos uji pra-klinik. (Ed-03)

Baca artikel “Nakes Pengunggah Konten Viral soal Privasi Pasien, Mahasiswi Unisa Yogya?” selengkapnya di Kabarkota.com