Klaim Dukungan dari Adik Sultan, Partai Buruh Optimis Lolos Verifikasi KPU

Presiden Partai Buruh, Said Iqbal (tengah) saat memberikan keterangan kepada pers di Yogyakarta, Sabtu (5/3/2022). (dok. kabarkota.com)

YOGYAKARTA (kabarkota.com) – Partai Buruh optimis bisa lolos verifikasi dan ambang batas parlemen, pada Pemilu 2024 mendatang.

Optimisme tersebut disampaikan Presiden Partai Buruh, Said Iqbal di sela-sela Rapat Konsolidasi Strategi Perjuangan Partai Buruh di Yogyakarta, Sabtu (5/3/2022)

“Kami mempunyai kepercayaan diri yang lebih tinggi dengan dukungan basis konstituen yang jelas,” kata Iqbal kepada wartawan.

Menurutnya, saat ini Partai Buruh telah ada di 34 Provinsi, 91 persen Kabupaten/Kota, dan lebih dari 50 persen kecamatan di Indonesia. Selain itu, pihaknya juga memperkirakan, konstituennya telah mencapai sekitar 10 juta dari berbagai elemen Serikat Buruh, petani, nelayan, PRT, buruh imigran, pengemudi ojek online, guru honorer, PKL, dan kaum miskin desa.

Namun, dengan sebaran konstituen, dan jangkauan wilayah yang lebih luas tersebut, Partai buruh hanya menargetkan 4 – 5.6 persen suara sah nasional, pada Pemilu mendatang.

“Kami berharap ada 6 juta suara sah nasional,” tegasnya.

Sementara Ketua Exco Partai Buruh DIY, Irsad Ade Irawan mengklaim bahwa keberadaan Partai Buruh telah mendapatkan dukungan dari salah satu Adik Sri Sultan Hemengku Buwono X, Gusti Bendara Pangeran Haryo (GBPH) Prabukusumo yang siap membantu dan membagikan ilmunya agar Partai Buruh lolos ambang batas parlemen pada Pemilu mendatang.

“Beliau (Gusti Prabu) adalah orang yang sudah malang melintang di dunia politik, karena pernah mejadi Ketua DPD Partai Demokrat yang waktu tahun 2004 hanya berada di urutan ke 6, kemudian di tahun 2009 bisa menjadi juara,” ungkap Irsad.

Menurutnya,khusus untuk DIY, pihaknya yakin akan lolos verifikasi administrasi dan faktual, karena saat ini sudah terpenuhi minimal 70 persen kepengurusan di tingkat Kabupaten, dan 50 persen di tingkat kecamatan

“Jadi sebenarnya kami tidak sabar untuk segera mendaftarkan diri ke KPU,” sambungnya.

Pihaknya juga menyatakan akan berjuang lebih keras guna memastikan bahwa Partai Buruh DIY akan memiliki perwakilan di DPRD Kabupaten/Kota, provinsi, dan nasional.

Terkait klaim dukungan dari adik Sultan tersebut, kabarkota.com mencoba mengkonfirmasi kepada Gusti Prabu, namun hingga berita ini diturunkan, belum ada respon dari pihak yang bersangkutan (Rep-01)

Sumber Berita