Begini Cara Mengetahui dan Meningkatkan Kecepatan Internet di Rumah Anda

kecepatan internet

Kecepatan internet pada dasarnya adalah kemampuan koneksi Internet dalam byte per detik saat mentransfer data antara Internet dan perangkat pengguna.

Dalam terminologi modern, kecepatan data diukur dalam megabit per detik (Mbps) dan kilobit per detik (Kbps). Satu megabit sama dengan 1.024 kilobit, jadi koneksi 1,0 Mbps lebih dari 1.000 kali lebih cepat daripada koneksi 1,0 Kbps.

Koneksi internet Anda sebenarnya memiliki dua kecepatan yang berbeda. Kecepatan unduh dan unggah diukur secara terpisah.

Dalam kebanyakan kasus, kecepatan unduh koneksi lebih cepat daripada kecepatan unggah. Bagi sebagian besar pengguna, keseimbangan kecepatan ini menyediakan bandwidth untuk streaming dan pengunduhan, yang menyumbang sebagian besar aktivitas online kami.

Parameter Kecepatan Internet yang Baik?

kecepatan internet

Pertanyaan ini tidak memiliki jawaban yang pasti. Secara umum, lebih cepat selalu lebih baik dalam hal kecepatan internet.

Namun, kecepatan sering kali datang dengan harga, sehingga koneksi internet yang lebih cepat dari yang diperlukan dapat membuang-buang uang. Tergantung pada bagaimana Anda menggunakan koneksi internet Anda, berikut adalah beberapa panduan untuk kecepatan minimum yang harus cukup untuk kebutuhan Anda .

Streaming video — Tergantung pada jenis video, Anda memerlukan 3 Mbps untuk video standar, 5 Mbps untuk HD, dan 25 Mbps untuk 4K Ultra HD.

  • Streaming musik: — Kecepatan 2 Mbit/s sudah cukup untuk streaming musik.
  • Gaming — Gamer harus memiliki kecepatan hingga 10 Mbps untuk kinerja yang optimal.
  • Browsing email — Anda memerlukan kecepatan 0,5 hingga 5 Mbps untuk mengakses halaman Gmail dan Facebook Anda.
  • Panggilan Skype atau video: — Anda memerlukan 0,5 Mbps untuk panggilan standar dan 1,5 Mbps untuk panggilan HD.

Mengunduh File Besar — Saat mengunduh torrent atau file film HD besar, Anda menginginkan koneksi tercepat yang bisa Anda dapatkan, dengan kecepatan hingga 50Mbps.

Jika Anda sering mengunggah banyak file, Anda juga ingin memastikan kecepatan unggah Anda masuk akal. Karena ini biasanya lebih lambat dari kecepatan unduh Anda, Anda mungkin perlu menghubungi ISP Anda untuk mendapatkan kecepatan unggah tertinggi yang dapat ditangani oleh koneksi Anda.

Komisi Komunikasi Federal AS (FCC) memperbarui spesifikasi untuk koneksi internet “broadband” pada tahun 2015, menetapkan kecepatan minimum untuk unduhan pada 25 Mbps dan untuk unggahan pada 3 Mbps.

Jenis koneksi Internet berkecepatan tinggi ini biasanya diperoleh melalui perusahaan kabel atau telepon, yang menggunakan modem kabel dan DSL untuk menyediakan koneksi.

Cara Memeriksa Kecepatan Internet

kecepatan internet

Cara terbaik untuk mengetahui seberapa cepat internet Anda adalah dengan mengujinya. Ada beberapa alasan mengapa Anda mungkin ingin menjalankan tes kecepatan internet , seperti:

  • jadwalkan penggunaan yang sesuai dengan kecepatan yang tersedia;
  • pertimbangkan apakah peningkatan diperlukan untuk aktivitas baru seperti game online;
  • Periksa apakah Anda mendapatkan kecepatan yang Anda harapkan dengan paket internet yang Anda beli dari penyedia layanan internet Anda.

Jika Anda bertanya-tanya bagaimana cara menguji kecepatan Internet Anda — ada sejumlah opsi pengujian online . Untuk mendapatkan hasil yang paling akurat dalam tes kecepatan internet, berikut adalah beberapa aturan yang harus Anda ikuti.

  1. Restart modem dan router sebelum memulai tes.
  2. Jangan menggunakan internet untuk aktivitas lain saat menguji kecepatan internet Anda. Anda juga harus mematikan perangkat seluler, karena perangkat tersebut sering terhubung ke jaringan Anda secara otomatis.
  3. Restart komputer atau perangkat yang akan digunakan untuk melakukan pengujian.
  4. Kosongkan cache browser Anda. Anda harus melakukan ini sebelum setiap pengujian jika Anda ingin menjalankan beberapa pengujian. Tes kecepatan didasarkan pada pengunduhan dan pengunggahan file dan mungkin tidak mencerminkan kecepatan yang tepat saat file di-cache.
  5. Gunakan tes kecepatan berdasarkan HTML5 dan bukan aplikasi berbasis Flash.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini sebelum memulai tes kecepatan internet Anda, Anda akan mendapatkan hasil tes yang lebih akurat yang mencerminkan kecepatan koneksi Anda yang sebenarnya. Tes yang baik menunjukkan kecepatan unduh, unggah, dan ping.

Faktor Apa yang Mempengaruhi Kecepatan Internet?

Ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi kecepatan internet Anda. Jadi mungkin sulit untuk mencari tahu di mana masalahnya jika Anda tidak mendapatkan kecepatan yang Anda harapkan. Beberapa kemungkinan penyebab kecepatan internet lambat:

  • Koneksi Berkabel versus Wi-Fi — Koneksi berkabel umumnya lebih cepat dan lebih sedikit interferensi daripada koneksi nirkabel.
  • Perangkat Keras — Komputer dan modem Anda dapat berkontribusi pada kecepatan Internet yang lebih lambat. Performa modem Anda dapat menurun seiring waktu, dan kecepatan komponen internal komputer Anda juga dapat memperlambat Anda.
  • Sistem operasi: — Sistem operasi yang salah konfigurasi dapat mengakibatkan kecepatan internet lebih lambat dari yang diharapkan.
  • Kemacetan — Penggunaan jaringan Anda yang berlebihan akan memperlambat kecepatan semua pengguna. Selain itu, situs web dan server yang Anda akses mungkin mengalami tingkat penggunaan yang tinggi yang membatasi kemampuan untuk memenuhi permintaan unduhan.
  • Perangkat Lunak — Peramban web yang salah konfigurasi adalah penyebab umum kemacetan dan throughput yang lambat. Infeksi malware juga dapat berdampak negatif pada kecepatan koneksi Internet Anda.

Cara meningkatkan kecepatan internet

Jika Anda tidak puas dengan kecepatan koneksi Internet Anda, ada beberapa hal yang dapat Anda coba untuk memperbaiki masalah tersebut.

Jalankan analisis jaringan Anda — Alat pemantauan jaringan berkualitas seperti Netspot akan memungkinkan Anda menguji jaringan WiFi dan mengidentifikasi potensi masalah.

Pemindaian aktif menunjukkan visualisasi yang dapat Anda gunakan untuk menganalisis kecepatan unggah dan unduh serta kecepatan transmisi WiFi. Informasi yang diperoleh dari pemindaian dapat membantu Anda memutuskan faktor apa yang mungkin memengaruhi kecepatan internet Anda.

Visualisasi Netspot

Tingkatkan router Anda — Dengan router dual-band , Anda mendapatkan dua jaringan dalam satu perangkat, jaringan 2,4 GHz dan 5 GHz.

Tingkatkan router Anda

Beralih ke koneksi kabel — Koneksi kabel menawarkan kecepatan Internet yang lebih cepat dan konsisten, tetapi mungkin lebih mahal dan menawarkan lebih sedikit fleksibilitas daripada solusi nirkabel.

Beralih ke koneksi kabel

Hilangkan Gangguan Sinyal — Router nirkabel Anda harus ditempatkan di tempat yang tidak dapat diganggu oleh gelombang mikro atau perangkat lain. Tempatkan router Anda di lokasi di mana dinding dan furnitur dapat meminimalkan gangguan sinyal.

Pilih lokasi yang bagus untuk router Anda

Investasikan dalam Range Booster/Extender — Perangkat ini relatif murah dan dapat memberikan kecepatan internet tinggi di seluruh area jangkauan yang Anda inginkan.

Berinvestasi dalam booster / extender jangkauan

Batasi jumlah koneksi — Anda mungkin menyebabkan kemacetan dengan menjalankan terlalu banyak perangkat sekaligus.

Sekarang Anda tahu tentang kecepatan internet dan cara menguji dan berpotensi meningkatkan koneksi Anda. Jika Anda tidak puas dengan kecepatan aktivitas online Anda, mungkin sudah waktunya untuk sedikit pemecahan masalah. Aku harap kamu berhasil!