Tips  

Cara Menyalakan Lampu Keyboard Laptop Semua Jenis Merek

cara menyalakan lampu keyboard

Jika Anda ingin menyalakan lampu keyboard laptop tetapi tidak tahu caranya, petunjuk di bawah ini memberikan informasi terperinci tentang tombol dan kombinasi tombol untuk menyalakan lampu keyboard berbagai merek keyboard laptop.

Artikel ini juga menjelaskan mengapa tombol lampu keyboard ini  tidak berfungsi dan cara memperbaikinya.

Cara Menyalakan Lampu Keyboard Laptop

cara menyalakan lampu keyboard

Pada laptop atau notebook merek apapun pada keyboardnya memiliki pengaturan lampu keyboard, biasanya ada satu tombol untuk menyalakan lampu keyboard leptop, dan terkadang juga dua: satu untuk menambah dan satu lagi untuk mengurangi kecerahan lampu keyboard.

Ini biasanya bukan kunci independen, melainkan tindakan tambahan dari salah satu tombol utama keyboard.

Tombol ini dapat diaktifkan sendiri atau bersama dengan tombol Fn, yang biasanya terletak di baris bawah keyboard, tergantung pada konfigurasi dan model serta merek notebook tertentu.

HP

Cara menyalakan Lampu Keyboard Laptop HP, lampu keyboard biasanya diaktifkan dengan menekan F5, F9, atau kombinasi Fn + F5 dan Fn + F9.

Jika laptop Anda tidak memiliki simbol lampu latar yang ditunjukkan pada foto, cari di tombol lain dan pastikan bahwa laptop modifikasi HP Anda memiliki keyboard dengan lampu latar.

ASUS

Cara menyalakan Lampu Keyboard Laptop ASUS, dengan menggunankan Fn + F3 (untuk meredupkan lampu latar) dan Fn + F4 (untuk menyalakan lampu latar) adalah pintasan keyboard standar pada keyboard laptop ASUS (untuk meningkatkan kecerahan).

Ikonnya adalah gambar mini keyboard dengan lampu di bagian atas. Fn + F7 mungkin merupakan kombinasi pada beberapa model.

Dalam beberapa kasus, lampu latar dapat diaktifkan hanya dengan menekan tombol yang ditentukan sambil menahan Fn.

Lenovo

cara menyalakan lampu keyboard laptop

Cara menyalakan Lampu Keyboard Laptop Lenovo, biasanya ikon tombol dengan lampu latar muncul di sebelah kiri bilah spasi.

Jika tidak ada simbol seperti itu yang muncul, Anda dapat berasumsi bahwa keyboard laptop tidak memiliki lampu latar.

Di Lenovo gunakan pintasan keyboard Fn + Spasi untuk menyalakan lampu latar.

ACER

Cara menyalakan Lampu Keyboard Laptop Acer, tombol standar untuk menyalakan lampu keyboard adalah F9 o Fn + F9 dan terkadang F8 (o Fn + F8). Beberapa notebook Acer menggunakan dua tombol secara bersamaan: F9 (Fn + F9) untuk meredupkan lampu latar dan F10 (Fn + F10) untuk mencerahkannya.

Dengan lampu “menyala” di bagian atas, huruf A digunakan sebagai simbol.

cara menyalakan lampu keyboard laptop

Dell

Cara menyalakan Lampu Keyboard Laptop DELL, biasanya lampu latar pada sebagian besar laptop Dell modern diaktifkan dengan menekan F10 atau Fn + F10.

Kombinasi ini, bagaimanapun, mungkin berbeda antara model. Misalnya, Anda mungkin menemukan kombinasi Fn + Panah Kanan.

MSI

Cara menyalakan Lampu Keyboard Laptop MSI biasanya menyertakan tombol brightness up dan brightness down:

Fn + PgDn dan Fn + PgUp

Fn + “Plus” dan “Lower” pada papan angka

Huawei

Cara menyalakan Lampu Keyboard Laptop Huawei dengan menekan secara bersamaan F3 (Fn + F3) adalah tombol lampu latar default .

Sebagai ikon digunakan ikon kunci dengan lampu tombol.

Cara Lain Menyalakan lampu Keyboard Laptop

Anda dapat menggunakan cara berikut ini selain tombol jika laptop Anda memiliki keyboard dengan lampu latar:

Windows Mobility Center (Anda dapat meluncurkannya dari pencarian bilah tugas di Windows 10 atau Windows 7), atau Anda dapat menekan Win + R, ketik mblctr, dan tekan Enter.

Utilitas firmware untuk model laptop Anda tersedia di situs web resmi di bawah “Dukungan.”

Apa Yang Harus Anda Lakukan Jika Tombol Lampu Keyboard Tidak Berfungsi atau Hilang?

Jika Anda tidak dapat menemukan tombol aktifkan lampu keyboard, mungkin laptop Anda tidak memilikinya.

Catatan penting: laptop model yang sama dengan modifikasi berbeda dapat digunakan dengan atau tanpa keyboard dengan lampu latar.

Sebagai contoh, beberapa mod Acer Aspire 3 menyertakan ikon lampu latar pada tombol F9 atau F8, sementara yang lain tidak. Yang terakhir adalah karena tidak adanya fungsi lampu keyboardnya.

Secara umum tombol lampu latar keyboard laptop ada tetapi tidak dapat dioperasikan. Tidak ada yang terjadi saat Anda menekannya.

Alasan paling umum adalah kurangnya utilitas yang diperlukan dari pabrikan, tetapi ini bukan daftar yang lengkap, dan utilitas dapat berbeda bahkan dalam merek yang sama untuk model yang berbeda:

  • Laptop gaming MSI menggunakan System Control Manager (SCM) dan fitur lain seperti SteelSeries Engine.
  • Aplikasi akses cepat untuk Acer.
  • Paket ATK atau utilitas hotkey dari ASUS.
  • Dell Command, Dell System, dan Dell Device Manager semuanya adalah utilitas.
  • HP System Event Utility dan alat bantu HP lainnya tersedia.

Dalam beberapa kasus, lampu keyboard dapat dinonaktifkan di BIOS notebook (ada pada model yang jarang). Contoh perangkat lunak yang diberikan di atas hanyalah contoh.

Utilitas yang diperlukan dapat bervariasi bahkan dalam merek laptop yang sama, perangkat lunak yang berbeda untuk laptop konsumen dan gaming, model baru dan lama.

Namun logikanya sama tanpa utilitas ini, beberapa tombol fungsi keyboard mungkin tidak berfungsi seperti yang dijelaskan dalam manual (ada juga utilitas tombol fungsi umum untuk merek notebook yang berbeda).

Apa yang harus Anda lakukan jika Fn tidak berfungsi ?

Tombol Fn tidak berfungsi

Dalam hal ini, solusi yang paling mungkin dilakukan adalah:

Buka halaman dukungan resmi untuk model laptop Anda (ketik “Dukungan model laptop” ke Google atau Yandex dan dalam hasil, buka situs web resmi) dan unduh utilitas yang diperlukan dari sana (biasanya ditemukan di area driver).

Jika Anda tidak tahu apa yang perlu Anda unduh, tinggalkan merek dan model laptop Anda yang sebenarnya (terdapat pada stiker di bawah) di bagian komentar artikel ini dan tunggu tanggapan saya. Saya biasanya menanggapi komentar sekali sehari.

Uraian singkat Cara Menyalakan Lampu Keyboard Laptop ini mungkin bisa diterapkan sendiri di rumah Anda, sehingga masalah yang dihadapi cepat mendapatkan solusi, semoga sukses.