Apple iPhone 14: Rumor, Generasi Baru Ini Tertinggal Dalam Hal Teknologi, Apa Benar?

Apple iPhone 14

Apple meluncurkan produk iPhone paling kuat hingga saat ini pada tahun 2021 dengan iPhone 13 nya hingga saat ini per Agustus 2022, keempat model iPhone memimpin daftar smartphone terbaik.

Akankah iPhone terbaru ini akan mengikuti desain produk sebelumnya ?, atau ada pembaharuan dari dari segi desain. Dan Bagaimana dengan iPhone mini?, Berikut rangkuman rumor dan informasi terbaru yang telah beredar.

Desain Apple iPhone 14 dan 14 Pro

Apple iPhone 14

Tampak luar, Apple tampaknya bertahan dengan desain yang diperkenalkan dengan iPhone 12, seperti yang dikonfirmasi oleh jurnalis AS Mark Gurman dari Bloomberg.

Ini berarti bahwa layar sebagian besar mengisi bagian depan, yang berada rata dengan bingkai logam yang miring secara vertikal.

Bagian belakang terbuat dari kaca, yang menyembunyikan teknologi MagSafe Apple. Apple iPhone 14 standar seharusnya tidak dapat dibedakan dari iPhone 13.

Di Internet, seorang desainer yang menggunakan alias “AR7” telah menerbitkan studi desain tentang kemungkinan penampilan Apple iPhone 14 Pro dengan iOS 16.

Dalam video Saluran YouTube ZoneOfTech berisi informasi menarik tentang model yang akan datang. Jika dimensinya benar, iPhone baru sedikit lebih tebal, dengan pengecualian 14 Pro Max, menunjukkan bahwa baterai yang lebih besar.

Kamera juga diperluas dalam model standar. Alhasil, dimensi lensa di iPhone 14 dan iPhone 14 Max identik dengan yang ada di iPhone 13 Pro. Kesimpulan: Sudut ultra lebar dan kamera utama model 13 termasuk dalam kedua varian model Apple iPhone 14 yang lebih murah.

apple iphone 14

Varian Pro yang menghilangkan takik pada Apple iPhone 14

Gambar baru dari jejaring sosial China Weibo, dibagikan di Twitter oleh pengguna SaranByte, menunjukkan desain depan baru: tepi layar pada model Pro sedikit lebih sempit.

Selain itu, kedua varian Pro kehilangan takik yang diperkenalkan dengan iPhone X. Model ini, di sisi lain, memiliki bukaan oval yang lebih besar untuk sistem kamera TrueDepth yang diperlukan oleh ID Wajah dan bukaan bundar yang lebih kecil untuk kamera depan.

Blok kamera di bagian belakang Pro juga lebih besar. Takik dan bagian belakang Apple iPhone 14 dan 14 Max standar, di sisi lain, tetap tidak berubah.

Apple iPhone 14 menghadirkan layar yang selalu aktif

Menurut pakar industri, Apple akhirnya menghadirkan layar yang selalu aktif ke iPhone, mirip dengan apa yang dilakukan Nokia pada tahun 2009 dengan layar “Glance”. Apple telah memperbarui layar kunci di iOS 16.

Namun, layar selalu aktif bahkan lebih jauh: Saat layar tidur, ini menampilkan informasi yang dipilih pada latar belakang hitam, seperti waktu dan pemberitahuan penting.

Karena mayoritas layarnya berwarna hitam, energi tambahan yang dibutuhkan untuk layar OLED pun minim. Namun, tidak jelas apakah fitur ini terbatas pada model Apple iPhone 14 Pro.

Karena Apple hanya boleh menggunakan perangkat ini untuk memasang layar LTPO, yang kecepatan refreshnya dapat dikurangi hingga nilai hemat energi sebesar 1 Hertz.

Apple iPhone 14: Varian XXL baru

Ukuran masing-masing model kemungkinan besar telah berubah. IPhone 13 mini dikabarkan menjadi iPhone mini terakhir untuk masa mendatang. Alih-alih pendamping yang lebih kecil, Apple iPhone 14 dapat menerima versi yang lebih besar, iPhone 14 Max .

Baca Juga :  Begini Cara Mudah Menyambungkan HP Android dan iOs ke Laptop

Akhirnya, hanya ada dua ukuran layar yang tersisa di seluruh seri iPhone 2022, yang seharusnya tersedia sekali sebagai model standar dan sekali sebagai model Pro. Akibatnya, empat model dimungkinkan:

  • iPhone 14 inci (6,1 inci)
  • iPhone 14 Pro (6,1 inci)
  • IPhone 14 Max (6,7 inci) juga dikenal sebagai “iPhone 14 Plus.”
  • Apple iPhone 14 Pro Max (6,7 inci)

Apakah akan ada model Plus juga?

Sejauh ini, sebagian besar rumor berasumsi bahwa model XXL akan dirilis sebagai “iPhone 14 Max.” Namun, menurut beberapa laporan (termasuk BGR), versi smartphone sekarang disebut sebagai “iPhone 14 Plus.”

Dengan demikian, Apple iPhone 14 akan meneruskan tradisi iPhone 8 Plus. Menurut beberapa sumber yang dekat dengan pemasok, model Plus mungkin tertunda karena rantai pasokan yang ketat.

Warna baru, ungu bukan pink dan biru

Apple mengubah warna iPhone dengan setiap generasi baru, setidaknya sampai batas tertentu. Apple dapat menghentikan model dasar merah muda serta model Pro biru tahun ini, menurut pengguna Twitter Jioriku, yang memprediksi warna iPhone 13 dengan benar.

Sebaliknya, Apple iPhone 14 akan tersedia dalam warna ungu, selain biru, hitam, putih, dan merah, menurut posting Jiorika (Project RED). Selain hijau, perak (putih), emas, dan grafit, iPhone 14 Pro dikatakan tersedia dalam warna ungu (hitam).

Apple iPhone 14 Pro memiliki lebih banyak megapiksel.

Apple selalu menolak untuk bersaing untuk mendapatkan megapiksel yang terus meningkat dalam sensor kameranya.

Sejak rilis iPhone 6S (2015), Apple telah menyertakan sensor 12 megapiksel di kamera utama. Ini diperkirakan tidak akan berubah dengan model Apple iPhone 14 standar.

Memiliki dua lensa yang sesuai di bagian belakang, satu untuk kamera utama dan satu untuk kamera sudut ultra lebar.

Yang akan datang, lensa ketiga untuk pemotretan telefoto kemungkinan besar hanya akan tersedia dalam versi Pro. Menurut laporan dugaan diposting di Twitter oleh LeaksApplePro, blok kamera akan lebih besar dengan ini.

Untuk pertama kalinya, model teratas ini harus memiliki kamera utama dengan lebih banyak megapiksel, rumornya diperkirakan lensa 48 megapiksel, tetapi dengan beberapa piksel digabungkan seperti yang telah umum pada Android selama ini.

Gunanya untuk menghasilkan lebih banyak cahaya output dalam cahaya rendah dan cadangan ketajaman lebih banyak dalam cahaya tinggi. Jika empat piksel digabungkan, iPhone hanya bisa menyimpan file foto dengan resolusi 12 megapiksel.

Sensor kamera harus berkembang agar efeknya tidak menurunkan kualitas gambar. Ming-Chi Kuo, seorang analis Apple terkenal, memperkirakan bahwa sensor baru akan berukuran 25 hingga 35 persen lebih besar dalam ukuran diagonal dan 5 hingga 10% lebih tebal dari iPhone 13 Pro.

Rumor tentang kualitas kamera

Lebih banyak megapiksel tidak selalu berarti kualitas foto yang lebih baik. Apple khususnya, sebelumnya menolak semua trend ke arah resolusi sensor yang lebih tinggi, tetapi secara konsisten menempati peringkat pertama dalam perbandingan kamera ponsel teratas.

Baca Juga :  Begini Cara Mudah Menyambungkan HP Android dan iOs ke Laptop

apple iphone 14

Interaksi semua komponen, termasuk algoritme foto dalam pengujian, akan mengungkapkan seberapa bagus kamera baru itu sebenarnya. Di Twitter, pengguna LeaksApplePro kini mengaku memiliki pengetahuan langsung tentang prototipe Apple iPhone 14 Pro dari seorang informan.

Dia mengeluhkan masalah dengan kamera iPhone 14 Pro, terutama saat memotret di malam hari. Namun, perlu dicatat bahwa perangkat lunak memainkan peran penting, terutama dengan binning piksel dan mode malam.

Apple iPhone 14 lebih baik buat selfie

Dalam hal selfie, model Apple iPhone 14 standar lebih baik. Dan kemungkinan Apple akan merilis kamera depan baru untuk semua model iPhone 14.

Kamera sekarang memiliki fokus otomatis menghadap ke depan, yang memungkinkan gambar tajam tidak hanya pada jarak yang ideal. Bahkan untuk video dengan efek “bioskop”, peningkatan bokeh dimungkinkan. Lensa 6 lensa yang lebih cepat juga harus memungkinkan fotografi cahaya rendah yang lebih baik.

Tidak ada prosesor A16 Bionic pada Apple iPhone 14

Bagi mereka yang tertarik dengan model standar yang lebih murah, analis Kuo mentweet berita buruk tentang prosesor iPhone. Jadi, prosesor A16 Bionic 2022 baru tersedia dalam model Pro.

Prosesor A15 Bionic tetap dipertahankan di Apple iPhone 14 dan 14 Max. Ini harus dapat dikelola. kemyataanya Chip A15 saat ini merupakan prosesor tercepat di dunia smartphone (per April 2022).

Detail tentang chip A16 masih langka sejauh ini, tetapi dikatakan sebagai smartphone Apple pertama yang menggunakan memori LPDDR-5 daripada LPDDR4. Terlihat lebih bagus, keempat model iPhone 14 harus memiliki penyimpanan (RAM) sebesar 6 gigabyte (GB).

Analis: Prosesor A16 mendorong penjualan Pro.

Analis Ming-Chi Kuo percaya bahwa keputusan Apple untuk hanya memasukkan teknologi baru dalam model Pro, seperti prosesor A16, akan menghasilkan penjualan Pro yang jauh lebih tinggi tahun ini.

Menurut Kuo, proporsi perangkat Pro akan meningkat dari 40 menjadi 50 persen pada tahun-tahun sebelumnya menjadi 55 hingga 60 persen pada 2019. I

ni juga akan menguntungkan pemasok komponen kamera pro (Sony untuk sensor, Largan untuk lensa, Alpen untuk stabilisasi gambar dan LG Innotek untuk modul kamera). Kuo mengantisipasi bahwa peningkatan penekanan Apple pada model Pro akan berlanjut di masa depan.

Apple iPhone 14: Kapasitas baterai yang mengejutkan

Dugaan kapasitas baterai model iPhone 14 baru telah muncul di Twitter. Ini menghasilkan beberapa informasi menarik.

Model Pro seperti tahun sebelumnya, memiliki baterai yang lebih kecil dari model standar, tetapi perbedaannya tidak terlalu mencolok pada 3.200 mAh (iPhone 14 Pro) vs. 3.279 mAh (iPhone 14) daripada di iPhone 13 Pro vs iPhone 13 (3095 vs 3227mAh).

Jika dibandingkan dengan pendahulunya, baterai iPhone 14 Pro jauh lebih besar, sedangkan 14 Pro Max sedikit lebih kecil jika dibandingkan dengan 13 Pro Max (4.323 vs. 4.352 mAh).

IPhone 14 Max, varian besar baru dari model standar, memiliki kapasitas baterai 4.325 mAh, yang hampir sama dengan iPhone 14 Pro Max.

Baca Juga :  Begini Cara Mudah Menyambungkan HP Android dan iOs ke Laptop

Jika model standar terus kekurangan 120 Hertz dan memiliki resolusi tampilan yang lebih rendah, iPhone 14 Max mungkin merupakan model iPhone dengan masa pakai baterai terlama di tahun 2022.

Sejauh ini, tidak ada rumor peningkatan pengisian cepat dengan lebih dari 25 watt yang muncul. Magnet MagSafe yang lebih kuat juga dikabarkan, yang akan memungkinkan paket baterai MagSafe yang lebih besar.

Akankah iPhone 14 dijual tanpa kartu SIM?

Selama bertahun-tahun, rumor telah beredar bahwa Apple sedang mengerjakan smartphone yang tidak memerlukan kartu SIM.

Telah berspekulasi bahwa revolusi SIM iPhone 14 dapat terjadi. Grup telah mengambil langkah pertama: menurut Macrumors, operator AS tidak akan lagi menjual iPhone 13 dengan kartu SIM plastik di masa depan, tetapi akan mengaktifkan teknologi eSIM bawaan.

Apakah Apple benar-benar akan melepas slot SIM akan terungkap pada presentasi. Itu sepertinya bukan waktu yang tepat. Namun, Apple tidak dikenal takut untuk menghentikan kebiasaan lama.

Apakah Apple iPhone 14 mampu melakukan panggilan darurat satelit?

Ada desas-desus tentang telepon satelit built-in di iPhone 13 sebelum diumumkan, dan Bloomberg baru-baru ini memicu spekulasi sekali lagi. Apple iPhone 14 mungkin termasuk teknologi satelit.

Ini tidak akan mengubahnya menjadi telepon satelit yang lengkap, tetapi akan memungkinka untuk bertukar pesan teks melalui satelit di area di mana penerimaan telepon seluler tidak tersedia, seperti dalam kasus SMS darurat atau bencana.

Namun, baru-baru ini menjadi tenang. Upaya ini tidak mungkin bermanfaat karena mayoritas pengguna hampir selalu dilayani dengan baik oleh jaringan telepon seluler standar.

IPhone baru biasanya diluncurkan pada hari Selasa di awal atau pertengahan September, kemungkinan tanggal 6 atau 13 September 2022.

Menurut laporan awal, release akan berlangsung pada hari Selasa, 13 September, dan penjualan akan dimulai pada hari Jumat, 23 September 2022.

Namun, rumor baru menunjukkan bahwa releas iPhone akan berlangsung pada 7 September 2022.

Kenaikan harga untuk iPhone 14: Pro akan mahal!

Penjualan kemudian akan dimulai lebih awal, pada 16 September 2022. Tidak ada informasi tentang harga saat ini, tetapi mengingat peningkatan biaya produksi dan material, kenaikan harga kemumgkinan untuk model Pro.

Selain itu, menghapus model mini akan menaikkan harga awal untuk seri iPhone baru bahkan tanpa kenaikan harga lebih lanjut.

Apa yang bisa kita harapkan dari apple iPhone 14?

Bahkan jika rumor tersebut belum dikonfirmasi, tren untuk seri iPhone 2022 baru Apple tampaknya jelas. Apple hanya memberikan inovasi teknis seperti sensor kamera baru dan CPU yang lebih kuat untuk model Pro, sementara tampaknya juga memperbaiki model Pro kecil pada kelemahan baterai.

IPhone 14 Max akan menjadi iPhone terjangkau pertama dengan layar besar dan memiliki daya tahan baterai yang sangat baik, dan itu bisa menjadi favorit banyak orang. Akhirnya, harga harus menentukan hasil. Sayangnya Apple akan ketinggalan zaman jika terus dipuaskan dengan layar 60 Hertz untuk iPhone 14 standar.