News  

Mau Jadi Chef? Wajib Tahu Ada Berapa Ounce Dalam Satu Cangkir, Begini Penjelasan Sederhananya.

Ada Berapa Ounce dalam Satu Cangkir

Kadang seseorang akan dihadapkan dengan hitungan ada berapa ounce dalam satu cangkir pada saat mau memasak satu resep masakan atau minuman. Yang perlu anda pahami adalah berapa ounce dalam satu cangkir yang akan menjadi ukuran penggunaan bahan yang akan digunakan dagar takarannya tepat dan sesuai dengan resep yang diiginkan.

Apa itu ounce?

Parameter ukuran ons atau dalam bahasa inggrinya ounce dalah satuan massa yang memiliki beberapa definisi tergantung dengan sistem satuannya. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), ons adalah satuan ukuran berat (massa) sama dengan seratus gram.

Menurut perhitungan internasional, ounce (oz) atau ons merupakan ukuran satuan untuk material zat cair. Disini Lagi-lagi ada perbedaan antara dari ukuran standar Amerika Serikat dan British.

Sebelum anda melakukan konversi ons ke cangkir, mari kita menghitung dulu berapa keduanya jika menjadi mililiter (ml):

1 ounce (AS) = 29,57 ml

1 ounce (British) = 28,41 ml

Nah sementara itu ukuran cangkir adalah takaran yang dihinakan saat memasak yang umumnya dipakai di AS.

Inilah sebabnya kenapa orang Indonesia selalu bingung saat ditanya berapa ons satu cangkir karena ukuran cangkir di sini menggunakan satuan mililiter.

1 cangkir = 236,59 ml

Standar internasional biasanya mengacu pada ukuran AS, termasuk dalam konversi cangkir ke oz.

Akan tetapi Indonesia juga punya ukuran cangkir sendiri. Begini penjelasan yang dirangkum gema.co.id.

Ada Berapa Ounce dalam Satu Cangkir?

Ada Berapa Ounce dalam Satu Cangkir

Ada berapa ounce dalam satu cangkir tentunya tergantung pula pada wadah yang kamu pakai tersebut. Seperti yang telah diketahui, di Indonesia kita mengenal bahwa 1 ons adalah 100 gram. Perhitungannya akan mengikuti patokan tersebut nantinya.

Dikutip dari situs https://qastack.id cangkir yang beredar di US terbagi menjadi 3 jenis, yaitu: kecil, sedang, dan besar. berikut jawabannya:

  1. Ada berapa ounce dalam satu cangkir gelas kecil? Jawabannya adalah 6 oz.
  2. Ada berapa ounce dalam satu cangkir gelasi sedang? Jawabannya adalah 8 oz.
  3. Ada berapa ounce dalam satu cangkir gelas besar? Jawabannya adalah 10 oz.
👉 TRENDING :  Kenaikan Harga-harga Bahan Pokok di Bulan Ramadhan, Warga Yogya: Pemerintah harus Berempati

Sedangkan menurut pendapat Bobpaul, ada berapa ounce dalam satu cangkir di AS secara universal adalah 5 oz. Hal tersebut berlaku dari pembuat merek Mr. Coffe Tahun 1970-an. Namun, Anda harus berhati-hati karena dalam resep yang berasal dari barat ini, biasanya cenderung meminta cangkir 8 oz dibandingkan dengan 6 oz.

Adapun menurut Langsing, penggunaan oz ini juga bervariasi karena adanya perbedaan aturan yang berasal dari standar cair menurut imperial dan US. Berdasarkan imperial, satu oz atau ons  ini sama dengan 28,413 ml sedangkan berdasarkan US, ounce cair Amerika (fl oz) sebesar 29,573 ml.

Mengutip buku Mathematics 4A yang ditulis oleh Yohanes Surya, satuan ons di Indonesia sama dengan ons yang digunakan di Belanda, yaitu 1 kg = 10 ons, sedangkan satuan ons yang digunakan di Amerika yakni 1 kg sekitar 35 ounce (oz).

Kebanyakan orang tidak peduli dengan ukuran cangkir yang digunakan, namun hal ini sangat diperhatikan oleh para profesional seperti koki. Sebab, perubahan kecil dalam ukuran memiliki dampak yang besar pada hasil.

Konversi Ukuran Ounce

Ada Berapa Ounce dalam Satu Cangkir

Satuan ukuran ounce dapat dikonversi dalam beberapa satuan lainnya, contohnya saja adalah ml untuk menyatakan volume, gram untuk menyatakan berat, dsb. Berikut adalah konversi satuan ounce ke ml yang biasa digunakan dalam resep:

Konversi satuan ounce ke ml standar amerika:
Seperti yang dijelaskan sebelumnya, menurut standar amerika satu ounce adalah 29,573 ml. maka:

6 oz = 177,44 ml
8 oz = 236,6 ml
10 oz = 295,74 ml
12 oz = 354,88 ml
Konversi satuan ounce ke gram versi internasional ovoirdupois:
1 oz = 28,35 g
Maka:

6 ons = 170,1 gram
8 ons = 226,8 gram
10 ons = 283,5 gram

Di beberapa negara penggunaan ounce ini berdasarkan pada satuan berat sistem metrik. Pada sistem metrik yang menjadi satuan dasar adalah gram. Contohnya yaitu pada ounce Jerman (30 gram), ounce China (50 gram), ounce Spanyol (28,75 gram) dan ounce Belanda. Untuk Indonesia sendiri, satuan onsnya mengikuti dari negara Belanda, dimana 1 ons sama dengan 100 gram. Maka:

👉 TRENDING :  PP Muhammadiyah desak PBB Ambil Langkah Akhiri Perang Rusia - Ukraina

6 ons = 600 g
8 ons = 800 g
10 ons 1000 g
Konversi satuan ounce ke pound
1 oz = 0,0625 lb
Maka:

6 oz = 0,375 lb
8 oz = 0,5 lb
10 oz = 0,625
Konversi satuan ounce ke liter standar Amerika:
1 oz = 0,0296 L
Maka:

6 ons = 0,177 L
8 ons = 0,2366 L
10 ons = 0,296 L